Breaking News

FAQ

  1. Q: Apa yang dimaksud dengan PPID ?
    A: PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya

 

  1. Q: Apa yang di maksud dengan informasi publik ?
    A: Informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola dan dikirim oleh organisasi Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan informasi organisasi Badan Publik  dan/atau penyelengaraan badan publik lainnya dalam kerangka koordinasi dan pelayanan informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

 

  1. Q: Ada berapa macam informasi publik ?
    A:
    1. Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
    2. Informasi yang wajib diumumkan secara serta-merta;
    3. Informasi yang wajib tersedia setiap saat;
    4. Informasi yang dikecualikan.

 

  1. Q: Informasi apa saja yang boleh diminta ?
    A: Semua informasi boleh diminta kecuali yang termasuk dalam informasi yang dikecualikan.

 

  1. Q: Bagaimana cara memperoleh informasi publik ?
    A: Pemohon dapat datang langsung ke desk layanan informasi dikantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya atau bisa melalui website ini (http://ogesy.palangkaraya.go.id)

 

  1. Q: Siapa saja yang boleh meminta informasi publik ?
    A: Siapa saja boleh meminta informasi publik, baik perseorangan maupun badan hukum dengan menyertakan fotocopy identitas dan fotocopy akta badan hukum untuk pemohon dari badan hukum.

 

  1. Q: Barpa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi publik ?
    A: Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambar 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.

 

  1. Q: Siapa yang dapat menyampaikan permohonan informasi publik ?
    A: Setiap warga negara indonesia dan/atau badan hukum indonesia sebagaimana diatur dalam undang-undang Repbulik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.      

 

  1. Q: Apa persyaratan penyampaian permohonan informasi publik dan pengajuan keberatan ?
    A: Melampirkan Kartu Tanda Penduduk untuk pemohon perorangan atau bukti pengesahan badan hukum yang diterbitkan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palangka Raya.

 

  1. Q: Bagaimana cara menyampaikan permohonan informasi publik ?
    A:
    1. Melakukan register pemohon terlebih dahulu pada aplikasi ogesy.palangkaraya.go.id melalui menu layanan   Informasi, Sub-menu Permohonan Informasi
    2. Melengkapi kolom yang telah disediakan dan melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan;
    3. Apabila data pemohon sudah lengkap, pemohon akan menerima Email konfirmasi dari PPID, bahwa pemohon sudah terdaftar dan telah bisa menyampaikan permohonan Informasi Publik.

 

  1. Q: Bagaimana Mekanisme pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik ?
    A: Tangggapan atas permohonan informasi publik akan disampaiakan dengan cara memberikan langsung ke pemohon, atau Email yang didaftarkan pemohon pada saat pengisian form permohonan informasi.

 

  1. Q: Berapa lama pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik ?
    A: Tanggapan dari PPID akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak permohonan informasi telah memenuhi persyaratan dan dapat diperpajang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya.

 

  1. Q: Bagaimana cara pengajuan keberatan atas tanggapan PPID ?
    A:
    1. Melakukan registrasi pada aplikasi pada layanan PPID Dinas Komunikasi Informatikas Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya melalui Layanan informasi dan Sub-menu Pengajuan keberatan;
    2. Melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan.

 

  1. Q: Berapa biaya untuk memperoleh informasi publik ?
    A: PPID Pemerintah Kota Palangka Raya dan Perangkat PPID menyediakan layanan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya). Sedangkan untuk penggadaan atau perekaman, pemohon dapat melakukan penggadaan sendiri di tempat penyedia jasa Fotocopy yang berada di sekitar gedung Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya dengan didampingi oleh petugas Layanan Informasi atau menyiapkan media perekam elektronik lainnya untuk perekaman data informasinya.

 

  1. Q: Waktu layanan Informasi ?
    A: Layanan informasi publik dilaksanakan setiap hari kerja Senin s.d Jum’at, sebagai berikut:
    Senin s.d Kamis : pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB, istirahat : pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.
    Jum’at : pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB, istirahat 11.30 WIB – 13.00 WIB