Breaking News

Dinas Kominfo Kota Palangka Raya Launching Website Open Government System (O-Gesy)

Ogesy, Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya meluncurkan aplikasi Open Government System (O-Gesy), Rabu (29/11/2017).

 

Launching dan sosialisasi O-Gesy ini dibuka oleh Asisten II Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Palangka Raya, Rahmadi HN dan Kepala DKSIP Kota Palangka Raya, Murni. Peluncuran sistem informasi ini juga dihadiri oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

 

O-Gesy adalah sistem informasi online yang memberikan akses layanan kepada masyarakat mengenai informasi publik penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya dan informasi yang berada di bawah penguasaan suatu badan publik

 

Dalam sistem ini ada layanan pengajuan permohonan informasi secara online. Namun apabila informasi yang dicari belum tersedia di database sistem, masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi secara online. Jika ada layanan informasi yang kurang memuaskan, maka masyarakat bisa mengajukan keberatan dan akan ditindaklanjuti sesuai standart operating procedur (SOP).

 

Sistem O-Gesy yang merupakan inovasi dari Faradina Triwidiastuti, S.Kom, Kepala Seksi Pengeloaan Informasi Publik pada DKSIP Kota Palangka Raya yang nantinya semua PPID dari setiap SOPD akan diberikan user, sehingga mereka bisa menginput langsung informasi apa saja yang dibutuhkan sesuai klasifikasinya.

 

Manfaat sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan atas pemenuhan hak informasi publik yang dapat diakses dengan mudah, cepat dan kapan saja. Selain itu diharapkan melalui O-Gesy ini kepercayaan dan kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan terus meningkat demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan terpercaya. Sistem ini bisa diakses melalui ogesy.palangkaraya.go.id yang dikelola oleh setiap PPID.

 

Rahmadi HN selaku Asisten II Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya juga menambahkan dikhir kegiatan agar setiap Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dapat aktif berkontribusi update dokumen informasi publik secara berkala dan dapat memberikan pelayanan informasi dengan cepat dan tepat waktu.

                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*